Visi, Misi & Tujuan

Visi Program Studi Ilmu Pemerintahan

"menjadi pusat pengkajian dan pengembangan bidang pemerintahan dan politik lokal di Indonesia  pada tahun 2022”.

 

Misi Program Studi Ilmu Pemerintahan 

1.      Melaksanakan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan

2.      Menerapkan management akademik, sumber daya dan mutu yang berbasis perencanaan dan Information Technology (IT) yang mengacu pada terciptanya Good Faculty Governance (Bertata Kelola Baik)

3.      Menerapkan Sistem manajemen kinerja Balance Scorecard dan Standarisasi ISO 9001-2000 sebagai alat penjaminan mutu internal, dan Standarisasi Akreditasi BAN-PT sebagi alat penjaminan mutu eksternal.

4.      Mengembangkan suasana akademik yang kondusif untuk mengahasilkan lulusan yang bermutu dan berdaya saing global di bidang pemerintahan dan politik lokal.

5.      Mengembangkan sistem pendidikan berbasis kompoetensi, keahlian, dan soft skills yang terintegrasi dengan dunia usaha dan sektor publik.

6.      Mengembangkan IPTEKS Khususnya di bidang Ilmu Pemerintahan dan politik lokal untuk kesejahteraan masyarakat.

7.      Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian di bidang Ilmu Pemerintahan dan politik lokal.

8.      Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian masyarakat di bidang Ilmu Pemerintahan dan politik lokal.

9.  Mengembangkan kerjasama antar lembaga di tingkat regional, nasional, dan internasional.

 

Tujuan Program Studi Ilmu Pemerintahan 

a.    Mengembangkan kualitas ketatakelolaan (Good Faculty Governance) dan penjaminan mutu. Untuk meningkatkan posisi sebagai Prodi yang berstandar nasional sesuai dengan visi, maka harus diimbangi dengan kualitas ketatakeloaan pada semua area fungsional Prodi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jember yang didasari manajemen berbasis perencanaan (management base planning) dan penjaminan mutu.

b.    Meningkatkan  infrastruktur, meliputi ketersediaan fasilitas dan peralatan utama,  rencana pengembangan sarana dan prasarana, serta laboratorium  guna meningkatkan pelayanan terhadap stakeholder internal.

c.    Mewujudkan kondisi finansial yang sehat dan terencana dengan sistem pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel yang mengacu pada Prinsip Akuntansi Berterima Umum,  dan meningkatkan sumber pendanaan di luar pendapatan dari mahasiswa.

d.   Mengembangkan SDM yang mencakup pengembangan mahasiswa, dosen, dan karyawan yang mendukung mutu produk (sarjana, riset, dan pelayanan masyarakat) yang didukung dengan sistem Human Resource Plan and Scorecard.

e.    Mewujudkan suasana kehidupan kampus yang sejuk dan harmonis, berbasis Budaya Akademik Islami (BUDAI).

f.     Meningkatkan sistem administrasi yang mengacu ke SADA,  yaitu Sentralisasi Administrasi Desentralisasi Akademik menuju institusi yang  mantap dan sinergis.

g.    Meningkatan kualitas lembaga dengan Akreditasi Program Studi dan Institusi oleh BAN PT.

h.  Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.

Hubungi Kami

Address :

Jl. Karimata No. 49 Jember - Jawa Timur - Indonesia

Phone & Fax :

(0331) 336728 | 337957

Email :

kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Please publish modules in offcanvas position.