Nilai akreditasi Program Ilmu Pemerintahan adalah B. Hal ini sesuai dengan SK BAN PT 372/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2014.

 Program Studi ini melakukan kerjasama eksternal dengan pihak-pihak terkait melalui berbagai macam kegiatan seperti penelitian, abdimas, seminar, pelatihan, workshop, dan lain-lain. Instansi itu antara lain: DPRD Jember, KPU Jember, Pemkab Jember, RRI Jember, Kementerian Dalam Negeri, dan beberapa instansi yang lain.

Dalam rangka pengendalian mutu Prodi Ilmu Pemerintahan telah menjalin kerjasama kemitraan dengan Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Jember dan Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Udayana Bali. Kerjasama tersebut dilakukan dalam rangka pelatihan Pekerti/AA dan pelatihan Audit Mutu Internal bagi tenaga dosen. 

Khusus dalam bidang penelitian selama 3 tahun terakhir ini Program Studi Ilmu Pemerintahan belum menjalin kerjasama dan kemitraan penelitian dengan lembaga luar negeri. Selama 3 tahun terakhir ini hubungan kemitraan dengan lembaga luar negeri masih terbatas pada bidang pendidikan dan pengajaran. 

1.     

Visi Program Studi Ilmu Pemerintahan

"Menjadi Program Studi yang menghasilkan lulusan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang unggul di bidang ilmu pemerintahan di Indonesia bernafaskan nilai-nilai Keislaman pada tahun 2030"

Misi Program Studi Ilmu Pemerintahan  

  1. Menyelenggarakan pendidikan ilmu pemerintahan yang bermutu dan mutakhir.  
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakatbidang ilmu pemerintahan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan umat.  
  3. Menyelenggarakan pengelolaan Program Studi yang amanah dan transparan.  
  4. Menyelenggarakan interaksi Islami antar civitas akademika.  
  5. Menyelenggarakan kerjasama dengan pihak lain yang saling menguntungkan.

Tujuan Program Studi Ilmu Pemerintahan 

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi ilmu pemerintahan, berakhlak mulia, kompetitif, dan inovatif.
  2. Menghasilkan penelitian ilmu pemerintahandan pengabdian untuk meningkatkan kesejahteraan umat.
  3. Terwujudnya tata kelola Program Studi yang produktif, efektif, transparan, akuntabel, dan berkelanjutan.
  4. Terwujudnya sivitas akademika yang mampu menjadi teladan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  5. Terlaksananya jalinan kerjasama dengan berbagai pihak sebagai implementasi Catur Dharma Program Studi.

Program Studi Ilmu Pemerintahan merupakan salah satu Program Studi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jember. Program Studi ini sudah ada sejak tahun 1983. Secara operasional Program Studi Ilmu Pemerintahan  dipimpin oleh seorang Ketua Program Studi yang berwenang dan bertanggung jawab atas segala kegiatan yang berkaitan dengan Program Studi Ilmu Pemerintahan.  Adapun susunan organisasi Program Studi Ilmu Pemerintahan adalah sebagai berikut:

 

Ketua Program Studi

Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan bertanggung jawab untuk menyusun rencana kerja, melaksanakan, mengevaluasi dan mengkoordinasikan semua kegiatan akademik di lingkungan Program Studi Ilmu Pemerintahan. Dalam melaksanakan tugasnya Ketua Program Studi dibantu oleh Kepala laboratorium, dan 2 staf administrasi.

 

Kepala Laboratorium

Kepala Laboratorium bertanggung jawab dalam mengatur dan mengkoordinasikan semua kegiatan dan penggunaan laboratorium yang meliputi laboratorium pemerintahan, laboratorium komputer dan laboratorium bahasa.

 

Dosen

Dosen merupakan tenaga pelaksana semua kegiatan belajar mengajar pada Program Studi Ilmu Pemerintahan. Fungsi dan tugas utama dosen adalah melaksanakan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Melaksanakan dan bertanggung jawab dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta  pembinaan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

 

Staf TU

Staf Pengajaran terdiri dari staf administrasi dan staf akademik. Tugas utama dari staf pengajaran adalah untuk melayani mahasiswa dalam hal administrasi akademik yang mencakup pemrograman mata kuliah, memfasilitasi proses kegiatan belajar mengajar termasuk didalamnya menyiapkan sarana dan prasarana belajar dan lain-lain untuk membantu kelancaran proses belajar mengajar.

 

Pada prinsipnya, Tata Pamong pada Program Studi Ilmu Pemerintahan merupakan bagian integral dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jember. 

 

Selamat bergabung di laman Program Studi Ilmu Pemerintahan Melalui laman ini, kami berharap anda mendapatkan informasi yang valid dan dapat dipercaya tentang program studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhamamdiyah Jember. Dengan demikian, anda dapat mengenal kami lebih dekat. Saya berharap informasi ini dapat menambah kepercayaan anda kepada kami, anda tidak salah memilih Ilmu Pemerintahan sebagai tempat mencari ilmu. Melalui kurikulum KKNI, kami optimis lulusan Ilmu Pemerintahan memiliki kompetensi yang dapat bersaing di dunia kerja era masa depan. Salam!

 

 

 

Hubungi Kami

Address :

Jl. Karimata No. 49 Jember - Jawa Timur - Indonesia

Phone & Fax :

(0331) 336728 | 337957

Email :

kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Please publish modules in offcanvas position.