Nilai akreditasi Program Ilmu Pemerintahan adalah B. Hal ini sesuai dengan SK BAN PT 372/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2014.

 Program Studi ini melakukan kerjasama eksternal dengan pihak-pihak terkait melalui berbagai macam kegiatan seperti penelitian, abdimas, seminar, pelatihan, workshop, dan lain-lain. Instansi itu antara lain: DPRD Jember, KPU Jember, Pemkab Jember, RRI Jember, Kementerian Dalam Negeri, dan beberapa instansi yang lain.

Dalam rangka pengendalian mutu Prodi Ilmu Pemerintahan telah menjalin kerjasama kemitraan dengan Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Jember dan Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Udayana Bali. Kerjasama tersebut dilakukan dalam rangka pelatihan Pekerti/AA dan pelatihan Audit Mutu Internal bagi tenaga dosen. 

Khusus dalam bidang penelitian selama 3 tahun terakhir ini Program Studi Ilmu Pemerintahan belum menjalin kerjasama dan kemitraan penelitian dengan lembaga luar negeri. Selama 3 tahun terakhir ini hubungan kemitraan dengan lembaga luar negeri masih terbatas pada bidang pendidikan dan pengajaran.

Visi Program Studi Ilmu Pemerintahan

"menjadi pusat pengkajian dan pengembangan bidang pemerintahan dan politik lokal di Indonesia  pada tahun 2022”.

 

Misi Program Studi Ilmu Pemerintahan 

1.      Melaksanakan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan

2.      Menerapkan management akademik, sumber daya dan mutu yang berbasis perencanaan dan Information Technology (IT) yang mengacu pada terciptanya Good Faculty Governance (Bertata Kelola Baik)

3.      Menerapkan Sistem manajemen kinerja Balance Scorecard dan Standarisasi ISO 9001-2000 sebagai alat penjaminan mutu internal, dan Standarisasi Akreditasi BAN-PT sebagi alat penjaminan mutu eksternal.

4.      Mengembangkan suasana akademik yang kondusif untuk mengahasilkan lulusan yang bermutu dan berdaya saing global di bidang pemerintahan dan politik lokal.

5.      Mengembangkan sistem pendidikan berbasis kompoetensi, keahlian, dan soft skills yang terintegrasi dengan dunia usaha dan sektor publik.

6.      Mengembangkan IPTEKS Khususnya di bidang Ilmu Pemerintahan dan politik lokal untuk kesejahteraan masyarakat.

7.      Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian di bidang Ilmu Pemerintahan dan politik lokal.

8.      Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian masyarakat di bidang Ilmu Pemerintahan dan politik lokal.

9.  Mengembangkan kerjasama antar lembaga di tingkat regional, nasional, dan internasional.

 

Tujuan Program Studi Ilmu Pemerintahan 

a.    Mengembangkan kualitas ketatakelolaan (Good Faculty Governance) dan penjaminan mutu. Untuk meningkatkan posisi sebagai Prodi yang berstandar nasional sesuai dengan visi, maka harus diimbangi dengan kualitas ketatakeloaan pada semua area fungsional Prodi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jember yang didasari manajemen berbasis perencanaan (management base planning) dan penjaminan mutu.

b.    Meningkatkan  infrastruktur, meliputi ketersediaan fasilitas dan peralatan utama,  rencana pengembangan sarana dan prasarana, serta laboratorium  guna meningkatkan pelayanan terhadap stakeholder internal.

c.    Mewujudkan kondisi finansial yang sehat dan terencana dengan sistem pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel yang mengacu pada Prinsip Akuntansi Berterima Umum,  dan meningkatkan sumber pendanaan di luar pendapatan dari mahasiswa.

d.   Mengembangkan SDM yang mencakup pengembangan mahasiswa, dosen, dan karyawan yang mendukung mutu produk (sarjana, riset, dan pelayanan masyarakat) yang didukung dengan sistem Human Resource Plan and Scorecard.

e.    Mewujudkan suasana kehidupan kampus yang sejuk dan harmonis, berbasis Budaya Akademik Islami (BUDAI).

f.     Meningkatkan sistem administrasi yang mengacu ke SADA,  yaitu Sentralisasi Administrasi Desentralisasi Akademik menuju institusi yang  mantap dan sinergis.

g.    Meningkatan kualitas lembaga dengan Akreditasi Program Studi dan Institusi oleh BAN PT.

h.  Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.

Program Studi Ilmu Pemerintahan merupakan salah satu Program Studi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jember. Program Studi ini sudah ada sejak tahun 1983. Secara operasional Program Studi Ilmu Pemerintahan  dipimpin oleh seorang Ketua Program Studi yang berwenang dan bertanggung jawab atas segala kegiatan yang berkaitan dengan Program Studi Ilmu Pemerintahan.  Adapun susunan organisasi Program Studi Ilmu Pemerintahan adalah sebagai berikut:

 

Ketua Program Studi

Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan bertanggung jawab untuk menyusun rencana kerja, melaksanakan, mengevaluasi dan mengkoordinasikan semua kegiatan akademik di lingkungan Program Studi Ilmu Pemerintahan. Dalam melaksanakan tugasnya Ketua Program Studi dibantu oleh Kepala laboratorium, dan 2 staf administrasi.

 

Kepala Laboratorium

Kepala Laboratorium bertanggung jawab dalam mengatur dan mengkoordinasikan semua kegiatan dan penggunaan laboratorium yang meliputi laboratorium pemerintahan, laboratorium komputer dan laboratorium bahasa.

 

Dosen

Dosen merupakan tenaga pelaksana semua kegiatan belajar mengajar pada Program Studi Ilmu Pemerintahan. Fungsi dan tugas utama dosen adalah melaksanakan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Melaksanakan dan bertanggung jawab dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta  pembinaan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

 

Staf TU

Staf Pengajaran terdiri dari staf administrasi dan staf akademik. Tugas utama dari staf pengajaran adalah untuk melayani mahasiswa dalam hal administrasi akademik yang mencakup pemrograman mata kuliah, memfasilitasi proses kegiatan belajar mengajar termasuk didalamnya menyiapkan sarana dan prasarana belajar dan lain-lain untuk membantu kelancaran proses belajar mengajar.

 

Pada prinsipnya, Tata Pamong pada Program Studi Ilmu Pemerintahan merupakan bagian integral dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jember. 

 

Hubungi Kami

Address :

Jl. Karimata No. 49 Jember - Jawa Timur - Indonesia

Phone & Fax :

(0331) 336728 | 337957

Email :

kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Please publish modules in offcanvas position.