CAll Us: (+62331) 336728 Live Chat
Resmi Ditarik, Kelompok Magang MBKM OPD Kecamatan Ambulu Sukses Goalkan Beberapa Program, Berikut Detailnya

Resmi Ditarik, Kelompok Magang MBKM OPD Kecamatan Ambulu Sukses Goalkan Beberapa Program, Berikut Detailnya

AMBULU / UM JEMBER – Tepat pada hari senin (9/08/22) mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Jember yang diutus melaksanakan praktik Kerja tematik di 9 wilayah OPD Kecamatan resmi ditarik.

Hal ini ditandai dengan acara penarikan mahasiswa praktik kerja yang dilakukan secara daring menggunakan Zoom Meeting dan dihadiri oleh KaProdi Ilmu Pemerintahan Drs. Itok Wicaksono, M.Si beserta kepala kecamatan wilayah-wilayah terkait.

Dalam kegiatan tersebut, secara resmi Kaprodi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Jember menarik kembali mahasiswanya yang sudah 6 bulan terjun ke masyarakat melaksanakan kegiatan praktik kerja tematik.

Seusai kegiatan tersebut, kemudian dilanjutkan dengan presentasi dan pemaparan progres dan capaian dari masing-masing kelompok di wilayah penerjunannya.

Kelompok Magang OPD Kecamatan Ambulu yang diwakili oleh Maulida Rahmatul Ilmi (22) selaku ketua kelompok memaparkan progres dan capaian Mereka selama 6 bulan ke belakang.

Tercatat, terdapat beberapa program yang berhasil dijalankan serta disukseskan oleh kelompok magang Ambulu. Diantaranya seperti pembuatan grand desai pengembangan wana wisata Pantai Payangan yang terletak di desa Sukorejo.

Capaian lain yang berhasil dicatatkan oleh kelompok Magang OPD kecamatan Ambulu adalah program tata kelola kolaboratif multi instansi.

Kegiatan ini digodok dan ditujukan untuk menciptakan percepatan ekonomi masyarakat (lokal) di tengah kondisi yang cukup sulit dan tidak menentu akibat COVID-19 belakangan ini.

Kegiatan tersebut berdasar kepada pendekatan dengan basis manajemen perubahan yang dilakukan untuk memetakan dan membuat gambaran terkait kebutuhan urgent masyarakat dewasa ini.

Berangkat dari hal tersebut, dipilihlah produk olahan Susu Kambing sebagai produk utama program Tata kelola kolaboratif yang dicanangkan tersebut.

Tercatat setidaknya ada 3 pihak yang ikut serta dan menjadi bagian dalam program tersebut. Diantaranya : Baramuda Farm, Pemerintah Kecamatan Ambulu serta pengurus PAC IPNU dan IPPNU Ambulu.

3 pihak tersebut kemudian dipertemukan dan melakukan diskusi mendalam yang dibungkus dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MoU sebagai wujud sepakat dan tanda dimulainya kolaborasi antara ketiga belah pihak tersebut. (*)

About the Author

Leave a Reply