CAll Us: (+62331) 336728 Live Chat
Keren! Mahasiswa IP Unmuh Jember Gagas Percepatan Ekonomi Melalui Pemberdayaan Kolaboratif Pemasaran Susu Kambing di Kecamatan Ambulu

Keren! Mahasiswa IP Unmuh Jember Gagas Percepatan Ekonomi Melalui Pemberdayaan Kolaboratif Pemasaran Susu Kambing di Kecamatan Ambulu

JEMBER – Bulan Agustus penuh dengan banyak hal penting, selain pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di bulan ini juga merupakan bulan terakhir pelaksanaan magang Kerja MBKM yang terjun ke 9 wilayah Kecamatan di Kabupaten Jember.

Genap 6 bulan sudah, mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Jember terjun ke masyarakat dalam bentuk program Magang Kerja MBKM yang tersebar di 9 OPD Kecamatan di Kabupaten Jember. 9 wilayah tersebut meliputi kecamatan Ledokombo, Sumberjambe, Sukowono, Sukorambi, Panti, Jelbuk, Bangsalsari, Wuluhan dan Ambulu.

Setiap kelompok yang terjun ke berbagai daerah tersebut satu-persatu mulai merampungkan program pengembangan kolaboratif masing-masing wilayahnya.

Ada yang tampil dengan program pengelolaan kolaboratif tempat wisata lokal setempat, ada yang mengangkat produk khas lokal wilayahnya, serta ada juga yang mengangkat produk budaya setempat untuk dikolaborasikan.

Sesuai dengan penuturan dari salah satu Dosen Pembimbing Kelompok magang yang dikutip melalui sebuah artikel interview dengan Fajar Nasional.

“Program Praktik Kerja MBKM ini telah berjalan hampir 6 bulan. Berarti mahasiswa ini sudah menempuh  pembelajaran setara dengan 20 (dua puluh) sks,” Tutur Akbar Maulana S.IP., M.Si, Dosen Pembimbing Praktik Kerja MBKM untuk mahasiswa yang ditempatkan di Kecamatan Ambulu, Wuluhan dan Bangsalsari.

Hal tersebut, tentunya memacu mahasiswa untuk all out dan maksimal dalam setiap program yang diangkatnya. Memberikan yang terbaik dalam setiap wujud program yang direalisasikan.

Hal tersebut senada dengan kelompok magang OPD Kecamatan Ambulu yang datang dengan tata kelola kolaboratif percepatan ekonomi melalui pengembangan kolaboratif usaha Susu Kambing.

Dalam program tersebut, setidaknya terdapat 3 pihak yang dilibatkan. Terpantau dari berita yang dipublish oleh Gubuk Inspirasi, kelompok Magang Kerja MBKM Ambulu berhasil menggaet beberapa pihak potensial seperti Baramuda Farm (Peternakan Susu Kambing) yang kemudian menjadi pihak swasta, PAC IPNU dan IPPNU Ambulu yang kemudian menjadi pihak masyarakat dan pemerintahan kecamatan Ambulu yang menjadi pihak pemerintah.

Tata kelola kolaboratif intra institusi tersebut kemudian berujung kepada pelaksanaan FGD (Focus Group Discussion) yang dilaksanakan pada Sabtu (29/07/21) di Graha Sahpira Kecamatan Ambulu yang didatangi oleh Kaprodi Ilmu Pemerintahan UM Jember Drs. Itok Wicaksono, M.Si yang hadir sebagai pengisi diskusi.

Selain FGD, kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara 3 pihak terkait sebagai bentuk komitmen dan kesatuan visi dan misi dalam melakukan percepatan ekonomi melalui program yang sudah disepakati sebelumnya.

Seusai pelaksanaan kegiatan tersebut, salah satu perwakilan kelompok magang OPD Kecamatan Ambulu, Andriyan memberikan komentar terkait dengan program yang Mereka angkat.

“Cukup seru sekaligus menantang. Bagian paling krusial dan cukup sulit adalah menggaet masyarakat. Kondisi saat ini benar-benar memberikan dampak dan membuat masyarakat cemas-cemas takut, hal itu membuat Kami sempat menerima beberapa penolakan sebelum akhirnya bisa menarik dan menggaet pengurus PAC IPNU dan IPPNU Ambulu untuk bergabung” jelas Andriyan.

About the Author

Leave a Reply