CAll Us: (+62331) 336728 Live Chat
Pendampingan Peroleh Legalitas Usaha Mikro

Pendampingan Peroleh Legalitas Usaha Mikro

PUGER/JEMBER – Usaha mikro kecil menengah atau adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi yang merujuk kepada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-undang No. 20 tahun 2008.

Pada Sabtu (27/02/21) bertempat di Warung sego pedes lestari Puger dilaksanakan kegiatan pendampingan peroleh legalitas usaha mikro.

Dalam acara tersebut turut hadir Dr. Emy Kholifah R., M.Si selaku pembicara inti dalam acara tersebut. Turut hadir pula kepala Laboratorium Ilmu Pemerintahan. Bapak Akbar Maulana, S.Ip., M.Si yang menjadi moderator dalam acara tersebut.

Inti acara ini adalah pendampingan terhadap pelaku usaha menengah kecil dan mikro (UMKM) yang pada realitanya kebanyak tidak mempunyai legalitas hukum yang berlaku. Pelaku usaha menengah kecil dan mikro pada realitanya kerap mengalami dan memperoleh tantangan yang cukup besar di masyarakat. Baik dalam sisi penerimaan masyarakat maupun urusan legalitas dari usaha tersebut.

Oleh karenanya, dalam kegiatan ini dipaparkan secara tuntas tentang pentingnya legalitas dan tahapan yang perlu ditempuh oleh UMKM untuk mendapatkan legalitas terkait.

Selain sosialiasi tentang perolehan legalitas dan izin, dilakukan juga pengumpulan persyaratan guna pengurusan legalitas dan ijin usaha kepada badan terkait.

Pihak Universitas Muhammadiyah Jember melalui WAREK 1 Dr. Emy Kholifah R., M.Si juga cukup konsern terkait dengan isu perihal UMKM dan legalitasnya. Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan pengaplikasian tridarma perguruan tinggi, Universitas Muhammadiyah Jember berkomitmen dalam membantu dan bersinergi dengan pelaku UMKM yang ada di Jember khususnya di daerah Puger.

Melalui kegiatan ini, pihak Universitas Muhammadiyah Jember berusaha memacu sinergi dan kolaborasi dari masyarakat khususnya UMKM agar bisa memberikan sumbangsih dan memperoleh legalitas yang valid.

Kedepannya, sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini. Secara aktif kedua belah pihak akan saling bersinergi khususnya dalam hal komunikasi dengan instansi terkait pengurusan izin dan legalitas UMKM yang ada di daerah Puger dan Jember secara umum.

About the Author

Leave a Reply