CAll Us: (+62331) 336728 Live Chat
Konsolidasi Program Praktek Kerja sebagai bentuk implementasi kurikulum MBKM di OPD Kecamatan di Kabupaten Jember

Konsolidasi Program Praktek Kerja sebagai bentuk implementasi kurikulum MBKM di OPD Kecamatan di Kabupaten Jember

Dalam melaksanakan kurikulum MBKM, Program Studi tidak dapat bekerja sendiri, oleh karenanya dibutuhkan sinergitas, kolaborasi, dan interaksi dengan pihak ketiga, dalam hal ini adalah Pemerintahan di Tingkat Kecamatan. Praktek Kerja Nyata di Kecamatan memberikan pengalaman yang nyata kepada mahasiswa. Mahasiswa selama melaksanakan Praktek Kerja Nyata akan didampingi mentor yang ditunjuk oleh Camat, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan hardskills (keterampilan, complex problem solving, analytical skills, dsb.), maupun soft skills (etika profesi/kerja, komunikasi, kerjasama). Sementara pihak Kecamatan akan mendapatkan talenta yang bila cocok nantinya bisa langsung dipekerjakan.
Mahasiswa yang sudah mengenal tempat kerja tersebut akan lebih mantab dalam memasuki dunia kerja dan karirnya. Melalui kegiatan ini, permasalahan industri akan mengalir ke perguruan tinggi sehingga meng-update bahan ajar dan pembelajaran dosen serta topik-topik riset di perguruan tinggi akan makin relevan.

Tujuan Praktek Kerja Tematik

Tujuan PKT Diagnosis Organisasi satu semester adalah untuk memberikan pengalaman belajar langsung di tempat kerja (experiential learning) dan mengembangkan keahlian khusus yang dibutuhkan pasar kerja. Selama praktek mahasiswa akan mendapatkan hardskills (keterampilan, complex problem solving, analytical skills, dsb.), maupun soft skills (etika profesi/kerja, komunikasi, kerjasama, dsb.). Sementara institusi mendapatkan talenta yang bila cocok nantinya bisa langsung di-recruit, sehingga mengurangi biaya recruitment dan training awal/induksi. Mahasiswa yang sudah mengenal tempat kerja tersebut akan lebih mantab dalam memasuki dunia kerja dan karirnya. Melalui kegiatan ini, permasalahan manajemen pemerintahan akan mengalir ke perguruan tinggi sehingga meng-update bahan ajar dan pembelajaran dosen serta topik-topik riset PSIP akan makin relevan.

Proses pembelajaran yang dilakukan melalui kegiatan Magang/Praktek Kerja Tematik diluar Perguruan Tinggi merupakan bentuk pembelajaran yang ditawarkan kepada mahasiswa sebagai alternatif pilihan yang dapat menggantikan atau dapat dikonversi dengan mata kuliah praktikum, meliputi:

  1. Praktikum Penyusunan Naskah Dinas.
  2. Praktikum Pelayanan Publik.
  3. Praktikum Perencanaan Pembangunan.
  4. Praktikum Analisis Kebijakan Publik.
  5. Praktikum Formulasi Kebijakan Publik.
  6. Praktikum Manajemen Perubahan.

Penjelasan lebih lanjut bisa dibaca di modul berikut.

Perkembangan Program Praktek Kerja Tematik

Ka Prodi Ilmu Pemerintahan Drs. Itok Wicaksono, M.Si dan tim Laboratorium Ilmu Pemerintahan di Kantor Kecamatan Sumberjambe dalam rangka survey Praktek Kerja Tematik Ilmu Pemerintahan UM Jember

Sejauh ini, sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan program praktek kerja tematik. Pihak Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Jember telah menghubungi dan berkomunikasi dengan beberapa pihak dan wilayah sasaran dari pelaksanaan program PKT yang akan dilaksanakan seperti kecamatan Sumberjambe, Sukowono, Ledokombo, Jelbuk, Ambulu, Wuluhan, Sukorambi, Panti, dan Mumbulsari.

Hal ini cukup disambut positif oleh kedua belah pihak baik dari Ilmu Pemerintahan UMJ maupun wilayah sasaran pelaksanaan program. Program ini kedepannya diharapkan dapat memberikan kebermanfaatan yang berkelanjutan baik bagi mahasiswa dengan bekal pengalaman dan kepada wilayah sasaran dengan sumbangsih dan pemikiran.

Dari kunjungan tersebut diharapkan kedua belah pihak saling supportif dengan saling mendukung pelaksanaan program Praktik Kerja Tematik yang dilaksanakan oleh Program studi Ilmu pemerintahan Universitas Muhammadiyah Jember.

Sumbangsih dan sinergi antar kedua belah pihak sangat diharapkan guna mensukseskan pelaksanaan program Praktek Kerja Tematik. Kontribusi dan sinergi ini diharapkan dapat muncul dan diaplikasikan baik oleh mahasiswa dengan sumbangsih dan ketekunan dalam membantu dan memberikan dukungan di wilayah sasaran PKT dan Kecamatan-kecamatan sasaran PKT dalam mengakomodasi masyarakat dan pihak-pihak terkait untuk pelaksanaan program tersebut.

Kegiatan praktik kerja tematik yang rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Maret 2021 ini juga diharapkan dapat menghasilkan output yang maksimal dan memberikan kebermanfaatan bagi kedua belah pihak. Baik untuk mahasiswa dan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Jember maupun bagi wilayah-wilayah target dari pelaksanaan program Praktek kerja tematik ini.

Diksusi terkait program PKT Ilmu Pemerintahan Jember di salah satu Kecamatan sasaran program
About the Author

3 thoughts on “Konsolidasi Program Praktek Kerja sebagai bentuk implementasi kurikulum MBKM di OPD Kecamatan di Kabupaten Jember

  1. Rahman - Februari 28, 2021 at 4:31 pm

    Wah, udah gasabar buat ngelihat seberapa besar dampak dan output apa saja yang bakal diperoleh dari program yang satu ini. Meski kesannnya cukup berbeda dengan program praktik kerja pada tahun sebelumnya, yahhhh hal ini tak lepas dari kondisi dan dinamika pandemi yang masih tak kunjung jelas. Namun saya cukup antusias dan berharap adanya output maksimal dan dapat dirasakan, apalagi ternyata wilayah saya adalah salah satu wilayah sasaran pelaksanaan program. Gak sabar nunggu realisasinya di pertengahan Maret nanti

    Reply
  2. Maulida - Februari 28, 2021 at 4:34 pm

    Yahhh Kalisat gak masuk ke wilayah sasaran, semoga saja tahun yang akan datang daerah saya bisa masuk ke daerah sasaran pelaksanaan program. Lumayan kan, ada dukungan dan sinergi dari lembaga pendidikan tinggi seperti UNMUH Jember di wilayah terkait, bisa memberikan dampak langsung dan tidak langsung baik manajerial maupun pelayanan

    Reply
  3. Erka - Februari 28, 2021 at 4:35 pm

    program yang keren, gasabar pen tau hasil dan outputnya

    Reply

Leave a Reply